Wisata New Normal di Kebun Raya Cibodas, Toiletnya Modern Dilengkapi Protokol Kesehatan

Agar sesuai tatanan era new normal dan protokol kesehatan, toilet didesain secara elegan, ramah lingkungan, dan berkonsep kering.

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Widi
Istimewa
Toilet new normal Kebun Raya Cibodas 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIANJUR - Penerapan protokol kesehatan di tempat wisata tidak hanya berlaku pada pintu masuk saja, namun juga area publik lainnya.

Seperti di Kebun Raya Cibodas (KRC) yang baru saja merenovasi toilet umumnya sesuai dengan tatanan era new normal dan protokol kesehatan.

Mengingat toilet merupakan fasilitas publik yang sering disambangi pengunjung selama berada di dalam area wisata.

PT Mitra Natura Raya bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan renovasi toilet umum di KRC dengan menggunakan sumber daya internal dan budget yang terukur.

Agar sesuai tatanan era new normal dan protokol kesehatan, toilet didesain secara elegan, ramah lingkungan, dan berkonsep kering.

Toilet Kebun Raya Cibodas
Toilet Kebun Raya Cibodas (Istimewa)

Tak hanya itu, toilet di KRC juga menyertakan unsur edukasi masyarakat yang ramah lingkungan dengan penyediaan sanitasi yang baik.

Sebab, mewujudkan toilet umum yang nyaman, higienis dan ramah lingkungan menjadi standar toilet umum di kawasan konservasi karena dapat mendukung kelestarian kawasan.

Toilet higienis dan bersih yang ada di dalam Kebun Raya Cibodas juga mengoptimalkan air alam dari sumber yang jernih dan bersih.

Tanpa dorongan mesin, air tetap mengalir ke dataran yang lebih rendah.

Pengunjung Kebun Raya Cibodas akan mendapatkan pengalaman baru saat menggunakan fasilitas toilet tersebut.

Dengan konsep toilet kering bersih dan menggunakan lantai kasar, membuatnya menjadi tidak licin sehingga keamanan dan kenyamanan pengunjung terjamin.

Selain itu juga disediakan Baby taffle untuk kebutuhan balita.

Toilet era new normal Kebun Raya Cibodas
Toilet era new normal Kebun Raya Cibodas (Istimewa)

Terdapat tiga toilet yang diperbarui, yaitu toilet di pintu 1 samping pos security.

Kemudian toilet dekat gedung data, di area masjid dekat Cafe Medinila.

Satu lagi toilet menuju air terjun Ciismun, didekat cafe garfenia, dekat dari Araucaria Avenue, dimana area ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung Kebun Raya Cibodas untuk berfoto dan menghirup udara sejuk dataran tinggi 1400 meter.

Presiden Direktur PT. Mitra Natura Raya sebagai mitra LIPI dalam pengelolaan pelayanan publik di KRC, Hendra Noor Saleh mengingatkan pentingnya rutin membersihkan kamar mandi bagi kesehatan.

Sebab toilet merupakan ruangan yang paling krusial, sehingga saking pentingnya, banyak orang yang mendesain kamar mandi sedimikian rupa agar lebih nyaman saat digunakan.

"Ini merupakan wujud upaya kami dalam peningkatan pelayanan kepada pengunjung Kebun Raya Cibodas. Bagi wanita yang terbiasa merias wajah, saya pastikan akan berlama-lama di dalam toilet era new normal yang ada di Kebun Raya Cibodas," tutur Hendra, Rabu (25/11/2020).

Namun, lanjutnya, untuk menciptakan kenyamanan ini bukan hanya dengan mempercantik ruangan saja, tapi juga dengan menjaga kebersihannya.

"Paling penting adalah bersama menjaga kebersihan toilet. Untuk itu kami mengharapkan partisipasi pengunjung kebun raya agar ikut merawat kebersihan toilet agar bisa dinikamati secara bersama untuk jangka waktu lama," ucap Hendra.(*)

Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved